Rabu, 01 Desember 2010

PERAWATAN TOPI














1. Topi Kain
Kain sepertinya bahan yang sangat familiar dan mudah mencucinya. Tetapi tidak boleh salah memperlakukannya atau warnanya akan berubah. Sama seperti topi lainnya, harus memberi perlakuan khusus untuk mencuci topi kain ini. Jangan dicampurkan dengan pakaian lain, tetapi cuci secara terpisah.
Clean tips: khusus untuk topi berwarna gelap harus mencuci dengan air dingin dan sabun tetap dilarutkan terlebih dahulu di dalam air. Untuk yang berwarna terang, khususnya putih, cuci dengan air hangat supaya noda-nodanya hilang.


2. Topi Bludru
Sama halnya dengan topi rajutan, yang ini sangat rentan rusak. Oleh sebab itu sebaiknya dicuci dengan cara dry clean atau jika ada noda yang sulit dihilangkan, bisa menyikatnya dengan sikat gigi halus. Jangan dicelup di dalam air, karena ini akan menghilangkan kelembutannya. Apalagi sabun akan merusaknya dan membuatnya menjadi kasar.
Clean tips: saat menjemur diangin-anginkan saja ya, jangan dijemur di terik matahari.

3. Topi Beraksesoris
Ini adalah topi yang paling sulit dibersihkan, karena banyak pernak-pernik manis di atasnya. Ada yang terbuat dari plastik, ada yang terbuat dari pita dan kesemuanya sayang jika harus rusak karena proses mencuci yang salah.

Clean tips: siapkan air sabun dan campurkan dengan air hangat, masukan topi di dalam air kemudian sikat perlahan dengan sikat gigi lembut. Basuh kemudian keringkan dengan hair dryer atau kipas angin. Pada umumnya setelah dicuci bagian lem aksesoris akan lemah dan mudah lepas. Jahit kembali atau lem dengan lem khusus untuk boneka/kain.

:: take from googling...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar